Artikel.
to Share my Life Events

kesederhanaan rasulullah

Nabi Muhammad SAW ialah manusia yang paling mulia dan paling berpengaruh sepanjang zaman. Rasulullah SAW hidup di tengah-tengah masyarakat negeri Arab ketika itu dengan penuh kesederhanaan.

Ada kisah yang dijelaskan oleh Hadist yang diriwayatkan  Anas Bin Malik tentang keadaan rumah rasulullah yang jelas menggambarkan kesederhanaan Rasulullah, ini terlihat dari beliau tidur diatas tempat tidurnya yang hanya beralaskan pelepah tanpa alas dibawahnya dan bantalnya dari kumpulan serabut yang dilapisi kulit. Subhanallah...! Betapa sederhananya Rasulullah SAW.

Beliau tidur di atas tikar,dibawahnya tidak ada alas apa pun, sehingga membekas di pinggang beliau, hal ini pernah membuat Umar menangis melihat keadaan Rasulullah shallahu'alaihi wa sallam.

(Diriwayatkan oleh al-bukhari, no. 4913; dan muslim, no. 1479).
 Rumah Rasulullah SAW bersama Sayyidah Khadijah r.ha (Tepatnya Pintu Kamar Rasulullah) sebelum hijrah ke Madinah

Anas bin malik Radhiallahu'anhu berkata, "Aku masuk kepada Nabi shallallahu'alihi wa sallam, Saat itu beliau sedang tidur di atas tempat tidurnya, bagian depannya di anyam dengan pelapah, di bawah kepala beliau adalah bantal dari kulit yang berisi serabut. Lalu beberapa orang sahabat masuk kepada beliau, Umar juga masuk, maka Rasulullah Shallallahu'alaihi wa sallam membalikkan tubuhnya sehingga Umar melihat pinggang beliau tersingkap, tempat tidur dari anyaman pelapah itu meninggalkan bekas di pinggang Rasulullah Shallallahu'alaihi wa sallam, maka Umar pun menangis.

Maka Nabi Shallallahu'alaihi wa sallam bertanya kepada Umar, 'Apa yang membuatmu menangis wahai Umar?'

Umar menjawab, 'Demi Allah, Sungguh aku mengetahui bahwa anda lebih mulia di sisi Allah 'azza wajalla dari pada Kaisar Persia dan Kaisar Romawi, sementara dua orang itu bermain-main dengan dunia seperti yang telah mereka berdua lakukan, Sedangkan engkau ya Rasulullah, keadaanmu seperti yang Aku lihat ini.'

Maka Nabi Shallallahu'alaihi wa sallam bersabda:
ماترضى أن تكون له‍م الدنيا ولنا الآ خر ة ؟
'Apakah kamu tidak rela, jika mereka mendapatkan dunia, dan kita mendapatkan Akhirat?'
adont ramadhon adont ramadhon Author

Labels List Numbered

Popular

Video asy syahid

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

ADs